Friday 14 November 2014

Malam Minggu Suram si Joni Eps Makan Sate

Rencananya malam minggu ini gue mau ditraktir makan sate sama saudara gue, namanya Jono. Jono ialah saudara sepupu gue, ia tinggal di daerah Jawa Timur. Nah kebetulan ia dapat tugas di ibu kota untuk beberapa hari kedepan. Beberapa hari yang lalu ia sudah berada di ibu kota, trus dia menghubungi gue, dia mau mampir and mau traktir gue makan sate. Dia memang seneng banget sama sate, saking senengnya dia bisa menghabiskan 30 tusuk sate sendirian. Memang ruar..biasa banget saudara yang yang satu ini.


Selain mau traktir gue, dia juga mau numpang nginep di rumah gue. hakhak..manteblah, malam minggu ini gue gak sendirian. Jam 7 malam Jono udah sampe di rumah gue, istirahat sebentar, trus kita berangkat. Gue sendiri gak tau dimana tempat yang jual sate yang rasanya yahud..hud..hud. tapi untung aja, saudara gue ini dia punya insting yang kuat, dia bisa tau rasa sate yang enak hanya dengan mencium aroma asap dari bakaran sate. Hebatkan saudara gue ini?!!, dia bisa tau rasa sate yang enak hanya dengan mencium bau asap, selain hebat dia juga sangat diandalkan oleh teman dan keluarganya disana, kalau ada yang mau makan sate yang enak.

Sekarang saatnya gue dan Jono pergi untuk mencari sate yang yummy yammy. Berhubung gue gak tau dimana tempat sate yang enak, akhirnya gue putusin untuk selalu berhenti jika ada yang jual sate. Gue berhenti di tempat penjual sate yang pertama kali gue jumpai, kebetulan tempatnya gak gitu jauh dari rumah. Gue suruh si Jono untuk mengeluarkan keahliannya, sementara gue menunggu di motor, kalau kata Jono oke, ya..gue turun dan markirin motor. Si Jono berdiri tepat di depan tampat bakaran sate, dan dia ngeluarin HPnya sambil pura-pura nelpon. Kebetulan si pedangang sate lagi membakar pesanan sate, jadi lebih mudah buat si Jono untuk menjalankan keahliannya tersebut.

Sebelumnya, gak lama pas gue dan Jono berangkat, Jono sempet bilang ke gue, kita berhentinya di tempat penjual sate, kalo si penjual satenya lagi bakar sate. Sekitar setengah menit Jono berdiri di tempat itu, lalu dia nyamperin gue terus ngajak gue jalan lagi. Gue gak perlu nanya lagi, karena gue udah paham, akhirnya gue lanjutin perjalanan lagi. Nemu lagi, terus berhenti lagi, dan Jonopun melakukan kegiatan seperti tadi. Terus dia ngajakin gue jalan lagi, ngajakin nyari tempat jual sate yang lain. Jalan lagi, berhenti lagi, begitu lagi. Gak terasa gue hitung-hitung udah 19 kali seperti ini, gue sempet nanya dalam hati, sate yang rasanya kaya gimana sih yang Jono cari??, sate yang rasa keju kah??, yang rasa strawberi kah??.

Gue juga sempet grendengan dalam hati, karena perut gue udah bener-bener laper. Udah 19 kali juga si Jono nyeritain alesannya kenapa dia gak mau makan sate di tempat-tempat yang udah didatengin tadi dalam perjalanan. gue juga jadi tambah penasaran, seenak apa sih sate yang bakal gue makan nanti kalo si Jono udah nemuin tempat yang cocok?, bukannya sama aja rasanya?, Sama aja bahannya?, tau lah…kalo bukan saudara gue, dah gue ogah nemenin, gerutu gue dalam hati. Dalam perjalanan mencari tempat selanjutnya, gue baru sadar, rupanya udah jauh banget dari rumah. Iseng-iseng gue liat HP pas berhenti di lampu merah. Gue liat jam, dan alamak…rupanya udah satu setengah jam muter-muter nyari.

Lagi asik-asik nikmatin jalan, tiba-tiba Jono nyuruh gue berhenti, gue pinggirin motor dan berhenti sambil nanya ke Jono ada apaan?. Itu satenya enak tuh, kata Jono. Dimana??, gue gak liat ada tukang sate Jon, kata gue pada Jono. Tadi gue liat dan sempet nyium bau asapnya, kata Jono. Dalam hati gue berkata, gue gak nyium asap sate, and gak liat yang jual. Entahlah mungkin karena gue udah kebangetan lapar and agak emosi gara-gara gak dapet tempat yang cocok buat Jono, makanya gue gak sadar, mungkin. Akhirnya gue puter arah menuju tempat yang Jono bilang tadi, dan seperti biasa dia melakukan aksinya seperti sebelumnya.

Lagi dan lagi si Jono nyamperin gue, sebelum dia ngomong gue ngomong duluan, ini tempat yang ke 20 Jon, gue udah laper banget ini. Gue kaget, gue kira Jono ngajakin jalan lagi, rupanya dia nyamperin Cuma buat bilang OKE dan ngajak gue makan di tempat itu. Yaelaahh…kenapa gak telp atau SMS aja si Jon, ucap gue dalam hati. Ada yang bikin gue bingung, kok sate yang katanya Jono enak tapi yang beli gak begitu banyak??, biasanya kan kalo yang enak pasti rame, udahlah males gue mikirin itu, gue udah lapar, lagipula gue percaya sama Jono. Gue jalanin lagi motor gue, sementara si Jono lebih milih jalan kaki, gue parkirin motor gue di tempat penjual sate tersebut.

Gue dan Jono masuk ke dalam dan memesan sate ayam. Gue pesen 1 porsi yang isinya 10 tusuk sate dan sepiring nasi, sementara si Jono mesen 2 porsi sate dan sepiring lontong. Di sela-sela menunggu pesenan datang, akhirnya gue tau kenapa tempat ini gak begitu ramai. Rupanya warung sate ini baru buka sekitar seminggu, setelah si penjualnya cerita. Hmm..untuk ukuran yang baru buka 1 minggu menurut gue warung ini udah cukup ramai, berarti beneran enak ini, pikir gue. si Jono emang hebat banget dah, bangga gue punya saudara kaya dia.  Beberapa menit kemudian, sate yang kami pesan tadi sudah selesai dibuat, dan sudah tersedia di meja makan ini. Gue langsung cobain rasanya, dan bener saja, rasanya enak banget. Bumbu kacangnya gurih, rasa satenya matang dengan sempurna sampai ke dalam dagingnya.

Rasa kaya gini, jarang-jarang ada di warung pinggir jalan kaya gini, bahkan mungkin di restoran mewah pun gue yakin gak ada yang seenak ini. Sekalinya ada, pastinya harganya jauh lebih mahal dari pada warung ini. Gue nikmatin rasa satenya potong demi potong dan tusuk demi tusuk, gue nikmatin juga sendok demi sendok bumbu kacang berserta nasinya. Selagi makan, gue sempet perhatiin Jono, tampak dia amat sangat menikmati penganan tersebut. Dan dia sempat berkata:
Jono:  “enak kan Jon??!!!”.
Gue:  “iya ini enak banget”.
Jono:  “dari tempat tukang sate yang kita datangin tadi, rasanya gak ada yang seenak ini Jon”.
gue Cuma membalas perkataannya dengan senyum sembari mengunyah-ngunyah daging sate ini.

“Jono benar-benar hebat banget”, kata gue dalam hati. 2 porsi sate dan sepiring lontong sudah selesai dihabiskan Jono, sementara 1 porsi yang pesan belum habis, tinggal 1 tusuk sate lagi yang tersisa, dan gue pun terus melahapnya. Ditengah gue sedang melahap tusuk sate yang terakhir, si Jono kemudian berkata:
Jono:  “oiya Jon..”, “gue baru inget”, “bukannya elu kalo makan yang ada unsur-unsur kacangnya, elu suka?”.
Mendengar perkataan Jono, mendadak gue langsung berhenti mengunyah sisa sepotong daging sate yang baru gue masukin ke mulut. Waktu seketika terasa berhenti, gue seolah berasa ditiban tumpukan emas monas. Dan gue punya firasat, malam minggu kali ini bakal lebih suram dari sebelumnya.

Dan gue langsung berkata:
“Gue: “ASTAGAAAA…JON”.. “kenapa baru elu ingetin???”, “langsung pulang aja yuk”.
“Jono: “iya, gue baru inget abis gue makan, terus gue ngeliat lu lagi asik banget ngejilatin bumbu kacang yang nempel di sendok”, “dan seketika itu juga gue jadi inget kejadian elu dulu”.
Jono pun kemudian membayar semua yang kami pesan tadi, kemudian kami berpamitan kepada si pemilik warung. Gue minta tolong sama Jono supaya dia yang bawa motor, sementara gue dibonceng. Gue seperti berasa dikejar-kejar waktu, gue harus cepat sampai rumah. Jono gak berani bawa motor kenceng-kenceng, tapi biar begitu Jono mengusahakan agar cepat sampai di rumah. Gue memang punya masalah kalo abis makan makanan yang ada kacang-kacangnya gitu. Pasti gak sampai 15 menit perut gue langsung mules-mules sehabis makan makanan tersebut, dan pasti gue mencret-mencret.

Jono tau kalo gue punya masalah tersebut, soalnya dulu waktu kecil gue pernah makan bareng Jono. Tapi waktu itu gue bandel, gue gak nurutin perkataan ortu gue. kalo gue mau makan-makan di luar, ortu gue selalu menyuruh supaya gue jangan makan makanan yang ada unsur-unsur kacangnya. Gue dulu nekat makan nasi pecel, alhasil gue langsung mencret-mencret. Dari situ gue udah gak berani lagi makan makanan yang ada berbau-bau kacang. Dan biasanya kalo gue makan sate gue, gue selalu minta bumbu kecap saja, trus sewaktu mau dibakar jangan dikasih bumbu kacang. Tapi kali ini gue bener-bener lupa, gue gak inget sama sekali, harusnya gue juga melakukan itu sewaktu di warung sate tadi. Tapi apa mau dikata, sudah terlanjur.

Perjalanan ke rumah gue masih jauh, dan benar saja perut gue langsung mules. Gue minta Jono untuk mampir dulu ke POM Bensin terdekat, dan Jono pun menyetujuinya. Sampai di POM gue langsung ngibrit ke toilet, ah..kampret..toiletnya ada yang isi. Gue nunggu sambil nahan mules di perut gue, udah hamper sekitar 3 menit gue nunggu, tapi yang di dalem belum juga keluar, gue coba ketok pintu toilet. Udah 3 kali gue ketok, tapi gak ada suara balasan dari dalem, rasa mules makin tak terlendali, muka gue udah keringetan. Gue coba ketok lagi sambil ngedorong pintu, dan pintunya pun terbuka, dan.. ah..sialan rupanya gak ada orang, pantes gak ada yang nyaut, tadi. Gue udah males mikir, gue langsung bongkar muatan.

Baru juga sekitar 2 menitan gue di dalam, tapi ada yang ketok pintu dari luar. “iya sebentar..baru banget masuk nih”, kata gue. gue memang selalu gak nyaman kalo bongkar muat di toilet umum, kejadian kaya tadi itulah yang bikin gue gak nyaman. Tapi ini darurat, mau gimana pun gue harus nyaman-nyamanin. Perut gue masih mules, tapi bongkar muat urung keluar, itu pasti gara-gara ketokan pintu tadi. Akhirnya gue keluar dan memutuskan untuk melanjutkan bongkar muat di rumah. Setelah keluar gue samperin Jono, “ayo Jon jalan”, “gue mau lanjutin di rumah aja”, ungkap gue kepada Jono. Biasanya kalo habis makan bumbu kacang, gue bisa mencret-mencret seharian. Perut gue masih terasa mules, tapi gue coba tahan, supaya bisa bongkar muat lagi di rumah.

Dulu waktu kejadian kaya gini juga, gue pernah nyoba minum obat diare. Tapi itu gak mempan, perut gue masih aja mules. Gue cuma bisa gue lalukan ya nikmatin rasa mules dan mencret-mencret tersebut. Gue coba terus menahan rasa tersebut, gue cuma bisa nahan dan diam, semakin banyak gerakan semakin suram. Muka gue udah pucat dan banyak keringet yang keluar, begini salah begitu salah. Akhirnya sampai rumah juga, gue langsung lari dan buka kunci pintu, gue langsung lari ke menuju WC. Ah…nyaman sekali lagi rasanya, lega banget. Hampir 20 menit gue berada di WC, rasa mules udah ilang, gue keluar dan menemui Jono yang lagi asik nonton TV.

Baru juga sekitar 10 menit yang lalu gue keluar dari WC, dan rasa mules itu datang lagi. Gue pergi lagi ke WC, bongkar muat. Dan kejadian tersebut pun selalu terjadi, dan gak terasa juga udah lebih dari 10 kali kaya gitu. Akhirnya gue minta tolong sama Jono untuk beliin obat tidur di warung deket rumah,selagi gue ada di WC. Supaya gue gak melakukan kejadian itu lagi, supaya mules-mules gue hilang pas gue tidur. Gue kira malam minggu kali ini bakal menyenangkan, karena Jono mau nginep di rumah gue. gue kira malam minggu ini gue bakal ngabisin waktu sembari bercerita-cerita sama si Jono. Ah…rupanya, malah makin suram gara-gara si bumbu kacang.

Akhirnya gue minum obat tidur yang dibeli Jono tadi, gue minum langsung 4 tablet supaya gue bisa cepet tidur, supaya gue gak ngerasain mules-mules lagi. Dan bener saja gak lama abis minum itu obat, gue langsung tidur. Gue terbangun, dan gue liat rumah gue gak ada siapa-siapa, gue gak liat si Jono. Gue nemu selembar kertas yang ditulis Jono, yang berisi:
“Sorry Jon..gue pulang gak pamitan ke elu, gue nyoba bangunin lu, tapi lu gak bangun-bangun juga. Gue yakin lu emang beneran tidur, bukan mati, soalnya gue liat lu masih bernafas. Gue yakin gara-gara lu minum itu obat, jadi susah buat dibangunin. Gue pamit ya..makasih Jon, maaf udah ngerepotin lu”
Buset dah si Jono, tengah malem gini pulang, naik apaan dia??, pikir gue dalam hati. Gue liat HP, ternyata ada SMS dari Jono, gue buka, isinya pamitan. Gue liat hari dan jamnya sms itu, rupanya hari minggu jam 10 siang. Gue langsung kaget, hah!!! Gue kira ini masih malam minggu.. gue liat layar HP dan gue perhatiin, ternyata ini sudah hari senin jam 11 malem. Astaga…berarti gue udah tertidur berapa jam??, gara-gara itu obat tidur, gue ampe tidur berhari-hari. Dan gak lama kemudian, perut gue pun berasa mules.

1 comment: