Wednesday, 5 October 2016

Pantai Payangan, Jember.

teluk love di pantai payangan. foto : bakroen

Pantai Payangan, Pantai Unik dan Romantis di Jember

Selain Malang dan Pacitan, di Jawa Timur masih terdapat Kabupaten lainnya yang memiliki keindahan pantai yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Kabupaten Jember, di Kabupaten ini terdapat banyak pantai indah dengan pemandangan ciri khasnya masing-masing.

Dari banyaknya pantai di Jember, terdapat satu pantai yang cukup unik dan menarik perhatian, yaitu Pantai Payangan, apa yang membuat pantai tersebut unik? Jika biasanya dalam sebuah objek wisata pantai kita hanya akan menemukan satu pantai saja, berbeda dengan Pantai Payangan, disini kita bisa menemukan 4 pantai, 3 bukit dan 1 pulau, unik bukan?

Bersama dengan Pantai Papuma dan Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan menjadi salah satu tujuan wisata pantai favorit di Jember karena memang ketiga pantai tersebut berada di satu garis, berbeda dengan Pantai Papuma, Pantai Payangan memiliki pasir berwarna kecoklatan.

Walaupun pasirnya berwarna coklat kehitaman, namun air laut di Pantai Payangan cukup jernih lho, ombak di pantai ini juga terbilang relatif sedang, tidak besar dan tidak kecil, selain melihat indahnya panorama alam Pantai Payangan, dikawasan wisata ini kita juga bisa melihat perahu-perahu nelayan karena memang mayoritas warga sekitar berprofesi sebagai pencari ikan.

Sebelumnya Pantai Payangan merupakan satu dari tiga pantai yang kurang populer karena tidak dirawat, namun kini Pantai Payangan berubah menjadi salah satu destinasi yang harus kamu pertimbangkan karena objek wisata tersebut sudah mulai dirawat dan ditata rapi sehingga cukup menarik perhatian wisatawan.

Saat pertama kali sampai di lokasi wisata pasti kamu akan sedikit bingung karena di kawasan tersebut terdapat 3 pantai, di pantai bagian utara terdapat pantai yang melengkung dan memiliki pasir hitam, dan pantai yang berada ditengah memiliki bebatuan yang cantik. Sedangkan disebelah selatan terdapat padang sabana yang sering digunakan pengunjung untuk berkemah.

Pantai Payangan dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan pemandangan kian unik, cobalah naik keatas tebing, darisitu kita bisa melihat keindahan dan luasnya Pantai Payangan, salah satu kegiatan paling favorit yang bisa kita lakukan di Pantai Payangan adalah melihat sunset.

Ya, Pantai Payangan memang terkenal sebagai lokasi keren untuk melihat matahari terbenam di Jember, dari atas bukit kita bisa melihat perlahan-lahan matahari mulai tenggelam, tak jarang para fotografer datang kesini untuk mengabadikan keindahan sunset di Pantai Payangan.

Selain itu, fasilitas di Pantai Payangan juga sudah cukup lengkap seperti terdapatnya musholla, toilet, warung makan dan tentunya tempat parkir, untuk penginapan kamu bisa mencarinya di pusat kota atau didekat kawasan Pantai Papuma atau sebagai alternatif kamu juga bisa mendirikan tenda disekitar pantai.


Rute Menuju Wisata Pantai Payangan

Dari pusat Kota Jember kamu bisa mengambil arah menuju Ambulu, setelah sampai di perempatan Ambulu ambil arah menuju selatan dan ikuti arah ke Pantai Watu Ulo, dari Pantai Watu Ulo kamu tinggal lurus saja hingga sampai di Pantai Payangan.


Tips Berlibur Ke Pantai Payangan

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata pantai Jember satu ini adalah saat sunrise dan sore hari untuk melihat sunset.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya.
  • Sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta fotografi landscape.

Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • 32 Km dari Pusat Kota Jember melalui Jl. Kawi (55 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Wisata Terdekat Dari Pantai Payangan :

Pantai Papuma (12 menit)
Pantai Watu Ulo (3 menit)


tulisan ini saya copy dari: http://www.brobali.com/
thanks

No comments:

Post a Comment