Monday 3 February 2014

MENIKAH ITU,,,

2 Februari 2014, itu adalah hari yang bersejarah buat salah satu temen tongkrongan gue. terhitung dari tanggal itu, statusnya dia berubah dari bujangan menjadi suami. satu persatu temen-temen gue melepas masa lajangnya, mereka sudah siap menjalani hidup barunya.

beberapa bulan sebelumnya juga ada beberapa temen gue yang sudah resmi menjadi seorang suami. tapi sayang waktu itu gue gak bisa hadir karena masih ada kewajiban di kota orang. nah..sekarang kebutulan kewajiban itu lagi gak ada di gue, jadi gue bisa datang ke acara pernikahannya.


2 hari sebelum acara tersebut, gue hadir di acara selamatan di rumahnya. kita nongkrong dan ngobrol bareng-bareng sama yang lain juga, sampai puas dan sampai subuh. di salah satu waktu temen gue yang udah nikah sempet bilang ke gue, "kapan elu kaya gini?", sambil nunjukin layar handphone yang ada foto nikahannya.

jujur aja gue juga mau kaya gitu, tapi gak sekarang, gak besok, gak minggu depan. atau mungkin gak bulan depan, bisa jadi gak tahun ini. yaa...gue gak tau kapan. menurut gue nikah itu gak segampang yang kita bayangkan. selain ngurusin perizinan dan administrasi ada faktor lain juga yang membuat nikah itu tidak semudah yang dibayangkan.

mungkin banyak di luar sana, mereka nikah karena atas desakan orang, nikah karena diomongin orang, nikah karena iri gara-gara liat temennya nikah. mereka nikah karena rasa emosi, bukan karena dari hati nuraninya mereka sendiri. bisa aja hal-hal yang kaya gitu tadi menimpa temen-temen gue nanti.

dan gue sendiri bukan orang yang kaya gitu. gue gak mau nikah atas dasar dari salah satu seperti yang tadi gue sebutin tadi. menurut gue, orang yang udah nikah itu gak boleh jadi dirinya sebelum menikah. 70 persen dari 100 persen waktunya sudah harus dialokasiin untuk keluarga barunya.

elu gak bisa pas udah nikah 100 persen waktu lu hanya elu gunakan untuk kepentingan elu sendiri. elu gak bisa berbuat seenaknya sendiri. dulu sebelum nikah elu boleh nongkrong dan main ama temen-temen elu sampe pagi. tapi kalo udah nikah elu gak bisa kaya gitu.

selain faktor tadi, ada juga beberapa faktor yang bikin gue belum nikah sampai saat ini. yaa... wanitanya. gue gak bisa seenaknya nikahin seorang wanita. gue harus nikah sama wanita yang bener-bener buat gue, alias jodoh gue. dan saat ini gue belum dapetin wanita itu.

ini bukan perkara kenapa sampai sekarang gue belum ngikutin jejak beberapa temen gue. tapi ini hanya soal waktu, gue belum berada di waktu yang tepat itu. yaa..gue juga sering dapetin ledekan-ledakan yang menyindir, tapi ya gue cuek ajah..toh kalo nanti udah waktunya gue juga bakal kaya gitu.

jangan beranggapan wanita yang udah kita nikahin itu adalah jodoh kita. jangan beranggapan umur pernikahan bisa bertahan lama, jangan beranggapan umur pernikahan yang lama itu juga bisa langgeng. sudah banyak contohnya, dan gue gak mau ceritain itu.

kenapa gue berani bilang "wanita yang udah dinikahin itu belum tentu jodoh kita". yaa...mungkin itu karena seperti yang gue ceritain sebelumnya. kita ambil contoh ajah, gak sedikit kan orang sudah menikah ternyata hubungan mereka kandas di tangah jalan.

gak sedikit yang hubungannya kandas karena mereka akhirnya TAU SAMA TAU. tau ternyata suaminya seperti itu, tau karena istri kaya gitu. kebanyakan pasangan itu tahu kekurangan pasangannya. lah..bukannya harusnya mereka sudah tau sama tau sebelum menikah, sehingga mereka bisa saling pengertian menutupi kekurangannya.

hal seperti itu yang sekarang udah jarang banget dipakai buat modal nikah. hanya karena egois dan nafsu mereka berani melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu pernikahan. gue gak mau kaya gitu, gue gak mau seperti itu. dan gue yakin suatu hari nanti gue bakal nemuin wanita yang memang diciptain Tuhan untuk menutupi kekurangan gue, dan geu diciptain untuk menutupi kekurangannya.

dan gue tau, ada beberapa dari temen gue yang udah kebelet nikah cuma gara-gara salah satu faktor yang udah gue sebutin sebelumnya, bukan karena dari hati dan kesiapannya. dan sampai saat ini kalo ada yang nanyain gue kapan nikah, gue cuma bisa jawab dengan senyum.

WAKTU YANG TEPAT ITU PASTI BAKAL DATANG.  

No comments:

Post a Comment