Wednesday 9 November 2011

Terjebak MLM (hampir)

gue salah satu manusia yang pernah (hampir) terjebak MLM. jadi ceritanya gini...

kalo gak salah waktu itu tahun 2005, dan gak sengaja ketemu teman SMP gue. akhirnya kita ngobrol-ngobrol, dan diakhir obrolan dia ngajak gue untuk datang di acara seminar, tentang mencari sukses.

akhirnya hari itu tiba, kebetulan lokasinya gak gitu jauh dari tempat dimana gue tinggal. di Restoran Padang di area Margonda Depok, di situ gue janjian sama temen gue itu, dan di situ juga seminar nanti diadakan. gue terkejut ngeliat temen gue, pakaian rapih banget. jas hitam, kemeja dihiasi dasi, pokoknya layaknya direktur sebuiah perusahaan.


Wahh... rupanya dia sudah sukses sekarang (benak gue berkata), pantes dia mau ngajak gue ke seminar, lumayanlah buat nambah-nambah ilmu gue. tapi kok yang dateng gak gitu banyak ya? gak sampai 20an orang, hmm...sayang banget nih seminar kaya gini yang dateng cuma sedikit.

oke.. acara dimulai, gue dan yang lain juga masuk ke dalam restoran tersebut. kami langsung menuju lantai 2, dan langsung memilih tempat duduk. rasa bingung langsung menimpa kepala gue, masa suasana seminar kok kaya gini?, gak seperti seminar yang gue tau.

gue disuruh duduk di meja ujung, temen gue duduk di depan gue, dan disebelahnya duduk temennya. gue lihat beberapa meja juga seperti itu. wanjirrr...ini sih bukan seminar namanya tapi kaya orang mau diinterogasi (benak gue saat itu). temen gue dan rekannya langsung bercerita kepada gue, tentang bahagianya menjadi orang sukses. hayalan gue langsung melayang, seiring dengan ceritanya.

temen gue rupanya udah jadi orang sukses nampaknya. sambil bercerita dia mengeluarkan sebuah benda seperti kalender meja, di benda tersebut terdapat sebuah gambar-gambar dan tulisan. DAMN...!!! disitu gue baru sadar rupanya gue terjebak MLM. buaian-buian manis selalu diberikan, aaaarrrrrrgggghhhhh...sialan, hati gue selalu berkata itu. gue ketipu...gue ketipu...

kalian pasti tau lah MLM itu seperti apa, jadi gue gak mau nerangin tentang MLM tersebut. Sengke!!! gue pengen cabut saat itu juga, tapi gue gak enak sama temen gue kalo maen cabut gitu aja. yaa...akhirnya kuping gue dipaksa untuk mendengarkan kata demi kata yang temen gue dan rekannya ucapkan. gue pura-pura merhatiin, sembari senyum pada mereka berdua.

gue bertindak seperti itu, supaya temen gue merasa berhasil kalo dia mampu menarik gue ke arahannya. hmmm...mimpi apa gue semalem? kok gue berada dalam suasan seperti ini?. gue sering dijejelin tentang MLM sejak jaman gue sekolah, maklumlah gue dulu sekolah di SMEA. tapi gue gak pernah tertarik. soalnya gue punya pemikiran, kalo mau dapetin itu gak hanya dengan duduk manis dirumah. tinggal nyari orang trus jadi kaya raya, Bulshit!!!!...

akhirnya gue bisa terlepas dari jebakan itu, setelah semuanya penjelasan selesai diberikan, basa-basi sebentar trus gue langsung cabut, dengan alasan gue masuk kerja shift malam. temen gue dan rekannyapun memberikan salam sukses, dan meminta gue untuk kembali lagi 3 hari mendatang ke tempat ini. dan gue pun menipunya, dengan janji gue bakal datang :p.

ternyata gue udah ketipu sama penampilan temen gue, gue kira dia udah bener-bener menjadi orang sukses, rupanya dia seorang Mahasiswa yang sedang mencari anggota untuk bisnis MLMnya.
kalo inget kejadian itu kadang gue suka ketawa-ketawa sendiri. dan untungnya gue gak bener-bener terjebak karena buaian-buaian yang menggiurkan itu :)

No comments:

Post a Comment